Hujjah Maulid Versi Akun Instagram @aswajaofficial - bagian 7-9



Mereka berkata: knp anda memperingati maulid Nabi?
@aswajaofficial menjawab: karna bahagia atas kelahirannya pun karna kami mencintainya.
.

Mereka membantah: mencintainya dgn mengikuti sunnahnya.
Sy menyanggah: iya benar, namun tdk cukup dgn hal itu saja, krn mslh hati juga ikut peran dlm hal ini, dan #cinta_adalah_hati (تجوزا).
Bahkan mslh hati ini sebagian dari iman.
Apakah antum tdk pernah mendengar sebuah hadits riwayat Imam Bukhary yg berbunyi:

باب حب الرسول
من الإيمان:
لا يؤمن أحدكم حتى أكون أحب إليه من والده وولده والناس أجمعين.

Mereka menjawab: mslh hati memang dgn hati, namun mslh hati itu hanya sarana, intinya tetap mengikuti sunnahnya, bukan dgn kebagiaan atas kelahirannya.
Sy menyanggah: iya benar, namun mencinta dgn cara bahagia atas kelahirannya juga penting + di anjurkan, dan sy memiliki dalil atas pernyataan sy.
.
Mereka bertanya: mana dalilnya?
Sy menjawab: Nabi
adlh rahmat bagi kita semua, Allah berfirman:
وما أرسلناك إلا رحمة للعالمين.
Pun Allah
memerintah kita semua utk berbahagia atas rahmat-Nya, sebagaimana sabda-Nya:
قل بفضل الله وبرحمته فبذلك فليفرحوا..
.
Mereka berkata: sungguh aneh sekali penafsiran antum atas ayat tsb. dgn mengatakan rahmat-Nya adlh Nabi
.
Tak satupun dari ulama salaf yg berpendapat demikian, dan penafsiran dari sebuah ayat yg tak dikatakan oleh salaf adlh tafsir bidah.
Sy menjawab: antum tdk tahu karna antum tdk banyak membaca, atau antum tlah ditipu guru-guru antum.
Imam Syuyuthy dlm Ad Durrul Mantsurnya, Ibn Hayyan dlm Al Bahrul Muhitnya, Ibnul Jawzy dlm Zadul Masirnya dari Ibn Abbas bahwa beliau berkata: rahmat dlm ayat tsb. adlh Rasulullah
.
Dan ini teksnya:
أخرج أبو الشيخ عن ابن عباس رضي الله عنهما في الآية قال: فضل الله العلم ورحمته محمد. قال الله تعالى: “وما أرسلناك إلا رحمة للعالمين.” الأنبياء الآية 107.
إھ الدر المنثور للسيوطى.
.
by: @aswajaofficial
وليس لنا إلى غير الله تعالى حاجة ولا مذهب
.
#aswajaofficial #maulid #wahhaby



8
Mereka berkata: Hukum maulid adlh bidah.
@aswajaofficial menjawab: نعم البدعة هو.
.
Mereka membantah: tp setiap bidah adlh sesat.
Sy menyanggah: bidah yg sesat adlh melakukan ibadah yg tak memiliki dasar dlm agama.
Dan maulid tdk demikian, hal itu bs di lihat dari dua sisi:
1- maulid memilki dasar dlm agama islam, yaitu bahagia atas rahmat-Nya, Allah
berfirman:

قل بفضل الله وبرحمته فبذلك فليفرحوا.

Apakah ada rahmat yg lbh agung dan utama drpd maulidnya?
2- maulid bukanlah ibadah sehingga harus antum kategorikan sebagai bidah, tp ia adlh sarana, sarana sebagian dari adat, dan dlm adat boleh ibtida’, itu knp sy katakan نعم البدعة هو.
.
Mereka berkata: tapi Rasulullah
dan salafush sholeh tak melakukannya, apakah antum lbh mencintai Nabi   drpd mereka?
Sy menjawab: tak ada syarat dlm melakukan adat utk harus dilakukan terlebih dahulu oleh mereka, itu sudah sy jelaskan. Pun bukan berarti sy lbh mencintainya drpd mereka, sebab hati dan pikiran mereka sudah sepenuhnya utk Rasulullah
itulah knp mereka tak butuh utk bermaulid. Adapun kita semua sangat membutuhkannya, mengingat sangat jarang dari kita yg mengetahuinya, ntah dari sisi Sirah, Syamail, Maghazy dsb.
.
Mereka berkata: apakah itu semua artinya antum merayakannya setiap tahun sekali?
Sy menjawab: justru kami merayakannya setiap hari, minggu, bulan dan tahun. Namun kami menyemangati mereka pd bulan kelahirannya hanya agar yg lupa tak semakin lupa, yg tak kenal semakin tak perduli.
Lebih dari itu, pahami terlebih dahulu arti kata Maulid secara wadh, isytiqoq dan shorf.
.
by @aswajaofficial
وليس لنا إلى غير الله تعالى حاجة ولا مذهب.
.
#aswajaofficial #maulid #wahhaby


7
Syubhat: bagaimana kalian memperingati Maulid Nabi di hari dmn beliau juga di wafatkan pada hari tsb secara shahih?
.
Sy menjawab: siapa yg memberi tahu antum bahwa Rasulullah
wafat pada hari senin secara shahih?
Ulama beda pendpt dlm hal itu, sementara Jumhur mengatakan 12-Rabiul Awwal.
Bgtu jg dgn kelahiran beliau, namun Mayoritas mengatakan 12-Rabiul Awwal.
Maka pernyataan “shahih” dari antum itu tdk benar.
.
Dalil sy bahwa hal itu adlh mukhtalaf fih adlh pernyataan ibn Hajar: wafatnya beliau
pd hari senin tgl 12 Rabiul Awwal, namun pd riwayat Bazzar pd tgl 11 Ramadhan.
Jg pd riwayat Ibn Ishaq pd tgl 12 Ramadhan.
Jg pd riwayat Musa Bin Uqbah, Al Laits, Al Khawarizmy, Ibn Zubair beliau
wafat pd pertengahan Rabiul Awwal.
Rujuk Fathul Bary.
.
Lbh dari itu, Rasulullah
berpuasa pd hari senin hanya utk mensyukuri nikmat kelahirannya. Dan tak satupun ada ulama yg memahkruhkan puasa di hari senin hanya karna Rasulullah wafat pd hari itu.
.
Sebagaimana kami Ahlus Sunnah Wal Jammaah adlh umat yg memberi bisyarah bukan memperkeruh, maka mengingat kesedihan setiap tahun itu bukan manhaj kami, tapi manhaj Rawafidh.
.
Dan seandainya dijadikan perayaan disetiap wafatnya para Nabi dan orang shaleh, maka tiap hari kita harus bersedih, sebab tak ada hari kecuali ada ulama yg wafat.
.
Dan kaidahnya adlh: kewafatan bukan berarti kita tak mensyukuri nikmat.
.
by: @aswajaofficial
وليس لنا إلى غير الله تعالى حاجة ولا مذهب.
.
#aswajaofficial #wahhaby #maulid


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel